"To revolt today, means to revolt against war" [Albert Camus]

 

Blog ini berisi working paper, publikasi penelitian, resume berikut review eksemplar terkait studi ilmu-ilmu sosial & humaniora, khususnya disiplin sosiologi, yang dilakukan oleh Wahyu Budi Nugroho [S.Sos., M.A]. Menjadi harapan tersendiri kiranya, agar khalayak yang memiliki minat terhadap studi ilmu-ilmu sosial & humaniora dapat memanfaatkan berbagai hasil kajian dalam blog ini dengan baik, bijak, dan bertanggung jawab.


Rabu, 24 Agustus 2011

Indonesia adalah Negara yang Paling Mudah Dirubah

Indonesia adalah Negara yang Paling Mudah Dirubah
Sebentuk Analisis Sosiologi Politik

Oleh: Wahyu Budi Nugroho


Sadarkah Anda bahwa sesungguhnya negara kita, Indonesia, adalah negara yang paling mudah dirubah ketimbang negara-negara lainnya di dunia?

Bayangkan, di Filipina, dibutuhkan sekitar 500.000 demonstran memadati lapangan Manila untuk menumbang rezim Marcos. Di Iran, dibutuhkan sekitar satu juta orang memadati jalanan Teheran untuk menumbangkan rezim Syah Pahlevi. Negara yang paling “mahal” untuk dirubah adalah Rumania, di sana, untuk menumbangkan rezim diktator Causcaseau dibutuhkan sekitar satu setengah juta orang (demonstran). Sedang, di Indonesia, untuk menumbangkan rezim Soeharto, cukup dibutuhkan 100.000 orang saja, yakni mereka para mahasiswa yang kala itu duduk di atap gedung DPR-MPR.    

Negara
Jumlah Demonstran (Orang)
Rumania
1.500.000
Iran
1.000.000
Filipina
500.000
Indonesia
100.000

Mengapa demikian? Secara sosiologis, hal tersebut tak luput dari mentalitas umum masyarakat Indonesia yang cenderung mbebek (ikut-ikutan) atas suatu tren. Dengan demikian, apabila Anda seorang kader partai politik atau aktivis sebuah organisasi politik, cukuplah bagi Anda untuk “mengkader” 100.000 orang saja di tanah air, dan bermodalkan hal tersebut, Anda “bebas” merubah Indonesia sebagaimana yang dikehendaki.

~ 100.000 kader dan masyarakat luas bakal mengikutinya begitu saja… ~

#####
    

0 komentar:

Poskan Komentar

Facebook Connect

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger