"To revolt today, means to revolt against war" [Albert Camus]

 

Blog ini berisi working paper, publikasi penelitian, resume berikut review eksemplar terkait studi ilmu-ilmu sosial & humaniora, khususnya disiplin sosiologi, yang dilakukan oleh Wahyu Budi Nugroho [S.Sos., M.A]. Menjadi harapan tersendiri kiranya, agar khalayak yang memiliki minat terhadap studi ilmu-ilmu sosial & humaniora dapat memanfaatkan berbagai hasil kajian dalam blog ini dengan baik, bijak, dan bertanggung jawab.


Kamis, 13 Oktober 2011

Flash Mob, Ekspresi Kekuatan Sosial?

Flash Mob, Ekspresi Kekuatan Sosial?

Oleh: Wahyu Budi Nugroho


Harus diakui, cukup sulit mendefinisikan apa itu flash mob, hal tersebut mengingat belum ditemuinya definisi tunggal atau resmi mengenainya. Namun demikian, secara sederhana flash mob dapat diartikan sebagai bentuk aktivitas sosial yang melibatkan sekumpulan orang untuk melakukan suatu kegiatan tertentu secara terorganisir dan terencana sebelumnya dalam ruang publik. Macam kegiatan tersebut dapat berupa aplaus (tepukan tangan) secara serempak, teriakan, melakukan akting—menirukan gerakan robot atau zombie misalnya—dan yang terpopuler, menari bersama.

Adalah Bill Wasik, editor Harper’s Magazine, yang untuk pertama kalinya mencetuskan flash mob. Pada tahun 2003, ia merencanakan aksi tersebut di sebuah pusat perbelanjaan kota Manhattan, namun sayang, flash mob perdananya gagal dikarenakan kebocoran informasi, pihak pusat perbelanjaan pun bergegas mengantisipasi rencana Wasik segera setelah mengetahuinya.

(Bill Wasik)
Lebih jauh, flash mob tidaklah berorientasi pada aksi politik, protes atau pertunjukan jalanan komersial, para pelaku flash mob melakukannya dengan cuma-cuma—tanpa bayaran. Pengorganisiran mereka pun dilakukan melalui media jejaring sosial dunia maya layaknya facebook, e-mail berantai berikut komunitas blog. Secara ekplisit, hal tersebut menunjukkan betapa flash mob menjadi salah satu bentuk ekspresi kekuatan sosial. Di Barat misalkan, di mana individualisme menjadi ciri paling kentara masyarakatnya, komunitas flash mob seakan menjadi angin segar. Para “flash mobber” berhasil membuktikan bahwa sekalipun masyarakat mereka telah sedemikian individualistik, faktual kekuatan sosial masih terdapat di dalamnya.       

Namun demikian, satu hal yang kiranya patut disayangkan dari perkembangan flash mob dewasa ini adalah pergeserannya pada sebentuk aktivitas sosial yang berbau komersial. Kini, para flash mobber tak lagi melakukan aksinya dengan sukarela, melainkan dibayar guna memasarkan beragam produk konsumtif, baik secara langsung di berbagai ruang publik masyarakat maupun dalam iklan-iklan layar kaca sebagaimana kerap kita saksikan akhir-akhir ini. Tegas dan jelasnya, kini flash mob telah ter-monetisasi (diperjualbelikan) sedemikian rupa. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, masihkah flash mob menjadi salah satu bentuk ekspresi kekuatan sosial?.


*****

6 komentar:

Punya.Tia mengatakan...

kalau di Indonesia flash mob itu contohnya apa mas???



oya, mampir lupa ke blog saya dong.. maklum newbie nih...



http://margarethacyntia.blogspot.com

Wahyu Budi Nugroho mengatakan...

banyak tuh di ajang show2 kendaraan, ato jadi sarana iklan di minuman/makanan suplemen. segera menuju TKP, mbak ;)

dhy saussure mengatakan...

flash mob masih sangat efektif untuk di gunakan sebagai gerakan sosial yang bertujuan pada perubahan sosial! efek kejutnya mampu mempengaruhi publik untuk ikut bergerak karewna model aksinya yang mampu menarik simpati. walaupun ada juga yang menggunakannya sebagai media ikaln sebuah produk dll.

mampir bung dhysaussure.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Beberapa Flash Mob bagus dapat dilihat di Youtube. Sudah lihat Flash Mob "The Sound of Music" di Antwerp Central Station, Belgia; atau Flash Mob "Tribute to Michael Jackson"? Keduanya menarik untuk dinikmati!

imakecil mengatakan...

terima kasih untuk infonya, dan mohon info kembali karena saya akan meneliti flash mob yg menjadi stategi marketing merek dewasa ini dalam skripsi saya :)

Andi Putri Faadillah. R mengatakan...

secara kasat mata FlashMob itu sejenis SHOCKING DANCE yang diterapkan di keramaian. Nah, simpelnya...tujuan dari FlashMob itu sendiri selain untuk menghibur juga untuk MEMBINGUNGKAN orang-orang di sekitar mereka..

mampir yah --> bebeggoyeng.blogspot.com

Poskan Komentar

Facebook Connect

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger