"To revolt today, means to revolt against war" [Albert Camus]

 

Blog ini berisi working paper, publikasi penelitian, resume berikut review eksemplar terkait studi ilmu-ilmu sosial & humaniora, khususnya disiplin sosiologi, yang dilakukan oleh Wahyu Budi Nugroho [S.Sos., M.A]. Menjadi harapan tersendiri kiranya, agar khalayak yang memiliki minat terhadap studi ilmu-ilmu sosial & humaniora dapat memanfaatkan berbagai hasil kajian dalam blog ini dengan baik, bijak, dan bertanggung jawab.


Sabtu, 22 Oktober 2011

Orang yang Jatuh Cinta adalah Narsis!

Orang yang Jatuh Cinta adalah Narsis!

 Oleh: Wahyu Budi Nugroho


Ada satu pandangan unik mengenai cinta dari salah seorang pemikir posmodern asal Perancis, Jacques Derrida. Bisa jadi, ini dikarenakan metode “dekonstruksi” yang digunakannya sehingga memberikan sudut pandang yang tak terduga-duga dan tak lazim bagi orang awam, bahkan bagi para pemikir sekalipun. Tak pelak, Derrida memang kerap mengejutkan rekan-rekannya melalui berbagai “pemikiran nakal” yang dicetuskannya.

(Jacques Derrida)
Dekonstruksi sebagaimana kita ketahui, berupaya menggeser “inti pemikiran” sedari pusat pada pinggiran. Sebagai misal, banyak orang menghujat dan memandang negatif peristiwa 9/11 [pusat pemikiran], namun Derrida justru menilainya secara positif, baginya kejadian tersebut justru membuat Amerika Serikat kian meningkatkan sistem keamanan nasional berikut memiliki momentum dalam upaya “penyegaran kembali” relasi sosial antar warganya yang dirasa cukup renggang sebelum terjadinya peristiwa 9/11 [pinggiran].


Kembali pada permasalahan semula, apa jadinya ketika Derrida menggunakan metode dekonstruksi dalam menganalisis cinta? Jawabnya, “Orang yang jatuh cinta adalah narsis!”. Mengapa demikian? Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa seseorang yang tengah jatuh cinta pada dasarnya membutuhkan perhatian, kasih sayang, bahkan “pemujaan” dari orang yang dicintainya. Itulah mengapa, Derrida mendaulat mereka yang tengah jatuh cinta sebagai narsis.    

Apakah Anda sedang jatuh cinta?


*****

5 komentar:

Yudhi mengatakan...

Apa sih narsis itu? yuk baca artikelnya disini http://www.sejutablog.com/asal-usul-narsis/

Punya.Tia mengatakan...

hmmmm..kasih tau ga ya?? hahhaa
yg jelas pasti senyam senyum sendirian...

salam,
Stylish Generation

JIMMY mengatakan...

jadi narsis yang dimaksud adalah untuk menarik perhatian dari orang yang dicintainya..

SALAM

silahkan mampir ke artikel saya http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com/2011/10/dari-mana-datangnya-mimpi.html

Ardhito Dharma mengatakan...

So sweet ya :D

Wahyu Budi Nugroho mengatakan...

Terima kasih buat agan2 blogger untuk komentarnya, pastinya menambah wawasan kita semua. salam hangat sehangat belaian ibu. :)

Poskan Komentar

Facebook Connect

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger