"To revolt today, means to revolt against war" [Albert Camus]

 

Blog ini berisi working paper, publikasi penelitian, resume berikut review eksemplar terkait studi ilmu-ilmu sosial & humaniora, khususnya disiplin sosiologi, yang dilakukan oleh Wahyu Budi Nugroho [S.Sos., M.A]. Menjadi harapan tersendiri kiranya, agar khalayak yang memiliki minat terhadap studi ilmu-ilmu sosial & humaniora dapat memanfaatkan berbagai hasil kajian dalam blog ini dengan baik, bijak, dan bertanggung jawab.


Rabu, 06 Februari 2013

Pemuda, Bunuh Diri, dan Resiliensi ~ Jurnal Studi Pemuda, YouSure-UGM, Vol. 1/No. 1, Mei 2012.

Pemuda, Bunuh Diri, dan Resiliensi:
Penguatan Resiliensi sebagai Pereduksi Angka Bunuh Diri di Kalangan Pemuda Indonesia
[Jurnal Studi Pemuda Youth Studies Center (YouSure), Fisipol-UGM]

Oleh: Wahyu Budi Nugroho



A B S T R A K

Pengkajian terkait berupaya mengulas urgensi dimensi resiliensi bagi para pemuda dalam keseharian hidup. Secara sederhana, resiliensi dapat diterjemahkan sebagai kemampuan individu untuk bertahan, beradaptasi berikut bangkit dari berbagai bentuk penderitaan hidup yang menderanya. Persoalan ini menjadi penting mengingat masa muda merupakan periode-periode transisi yang begitu berat bagi setiap individu, di mana ketidakstabilan emosi dan psikologis besar mempengaruhi di dalamnya. Oleh karenanya, daya pegas dalam menghadapi setiap permasalahan hidup—resiliensi—kiranya diperlukan dalam periode-periode di atas. Lebih jauh, pengkajian ini akan memuat sekilas penjelasan mengenai karakteristik pemuda dan alasan diperlukannya dimensi resiliensi, perkembangan studi resiliensi, maraknya aksi bunuh diri yang dilakukan pemuda dewasa ini sebagai implikasi lemahnya dimensi resiliensi, serta berbagai upaya yang dapat ditempuh dalam rangka memperkuat dimensi resiliensi pada diri pemuda guna mengatasi persoalan tersebut.

Kata kunci; resiliensi, pemuda, transisi, bunuh diri.          


ABSTRACT

This article attempts to discuss the urgency of resilience for Indonesian youths in their daily life. The concept of resilience can be defined as individual ability to survive, to adapt, and furthermore, to revive from their sufferings. Such ability is important for youths during the transitional period from childhood to adulthood, where usually contains huge psychological and emotional instabilities and troubles. It further discuss the rise of suicide among youths as consequence of the lack of resilience, and some efforts to empower resilience among youths. The article begins with a brief discussion on the development of resilience studies, both its conceptual dimensions and its utilities.  

Keywords: resilience, youth, transition, suicide.





1 komentar:

Anonim mengatakan...

kok susah didownload,,,thx

Posting Komentar

Facebook Connect

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger