"To revolt today, means to revolt against war" [Albert Camus]

 

Blog ini berisi working paper, publikasi penelitian, resume berikut review eksemplar terkait studi ilmu-ilmu sosial & humaniora, khususnya disiplin sosiologi, yang dilakukan oleh Wahyu Budi Nugroho [S.Sos., M.A]. Menjadi harapan tersendiri kiranya, agar khalayak yang memiliki minat terhadap studi ilmu-ilmu sosial & humaniora dapat memanfaatkan berbagai hasil kajian dalam blog ini dengan baik, bijak, dan bertanggung jawab.


Rabu, 22 Januari 2014

Kotak Besi

Kotak Besi


Flash-story by Wahyu BN

LANGKAHnya ajeg tergopoh, kerap ditentengnya pula stofmap, wadah dokumen, atau sejenisnya; Bu Sofie, wakil dekan bidang akademik; jelaslah yang hendak ditujunya siang-terik ini: lift.

Nyatanya, ia datang terlambat, telah ramai segerombol orang di depan kotak besi. Di sampingnya, seorang mahasiswa berkepentingan sama: turun ke lantai satu tanpa berpeluh keringat menjejak empat tingkat.

Kotak besi terbuka dan mulai menyedot segerombol orang di hadapnya. Cara kerjanya seperti vacuum cleaner, hanya saja, yang disedotnya manusia. Sejurus, kotak besi terjejal-sesak orang dan sekedar menyisakan satu tempat: bagi bu wakil dekan, ataukah si mahasiswa.

“Mari, Bu” ucap ramah si mahasiswa, tentulah ia mengenal wanita ini.

Hampir saja Bu Sofie mengayunkan langkahnya, sekonyong terlintas di benaknya: “Oh ya, tiga bulan lagi aku maju jadi calon dekan!”.

“Mari Mas, mari,” Bu Sofie balik mempersilakan. Apa yang diperbuatnya tak lain agar namanya harum di kalangan mahasiswa. Getok-tinular ‘dari mulut ke mulut’; itulah promosi yang dimauinya.

“Oh tidak Bu, mari; Ibu duluan saja,” mahasiswa itu masih keukuh mengalah.
“Oh jangan begitu, mahasiswa juga punya urusan, harus didahulukan…” cetus bibir manisnya.
“Aduh Bu, kan’ lady first, Bu…”
“Sekarang kan’ eranya emansipasi gender, Mas. Ladies and gentleman sama aja. Silakan, Mas,”

Seorang OB yang berada di dalam muak melihat tarik-ulur antar keduanya; ditutupnya kotak besi.

Keduanya kalah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Facebook Connect

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger